Mempermudah Masyarakat Melapor, Saber Pungli Sumbar Luncurkan Aplikasi Online

Posted on 2019-11-22 10:30:51 | by : Raswan | 2379 kali dibaca | Category: Berita Terkini


Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Sumatera Barat meluncurkan aplikasi Saber Pungli yang berguna untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pelaporan terhadap pungutan liar yang terjadi di Sumatera Barat.

Untuk memperkenalkan aplikasi tersebut Tim Saber Pungli Sumbar melakukan sosialisasi di Aula Kantor Bupati Kabupaten Agam (20/11/2019), kegiatan dibuka oleh Martias Wanto sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Agam dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Ketua Tim Saber Pungli yang diwakili oleh K. Rahmadi dan Noortjahyo, serta rombongan yang datang Suyanto, Wizralmen, Yunimar dari Polda Sumbar dan Erman Budianto, Rahmad Gando Lesmana dari Inspektorat Provinsi Sumatera Barat.

Dalam penyampaiannya, pada saat ini masyarakat bisa mengunduh aplikasi saber pungli sumbar melalui Play Store di handphone Android, ujar narasumber Noortjahyo, Ia juga mengatakan, diluncurkan aplikasi tersebut merupakan salah satu bentuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat, berkaitan dengan pengaduan khususnya Saber Pungli "Aplikasi ini adalah cara mempermudah masyarakat untuk menyampaikan pengaduan.


Menurutnya, aplikasi ini sudah diluncurkan sejak tanggal 21 Agustus lalu dan saat ini pihaknya tengah mensosialiasikan kepada Ketua Saber Pungli di kabupaten/Kota se-Sumbar. "Kami sosialisasikan, kami undang ketua Satker (Satuan Kerja) masing-masing kota/kabupaten, sekaligus operator atau adminnya, karena di setiap kabupaten/kota kami berikan admin masing-masing untuk mengelolanya," lanjutnya.

Ia menjelaskan, segala hal yang berkaitan dengan pungli tersedia di dalam aplikasi tersebut. Misalnya, tentang Saber Pungli Sumbar, kemudian tindaklanjut dan bentuk-bentuk kegiatan Saber Pungli. "Di aplikasi ini masyarakat bisa melaporkan dugaan pungutan liar tanpa harus ke kantor polisi. Semuanya lengkap di situ. Identitas pelapor dirahasiakan," sambungnya.

Dengan disosialisasikannya aplikasi ini, tentunya sangat diharapkan dapat mencegah dan menekan angka pungli khususnya di Sumbar. Segala kerawanan terhadap pungli perlu diantisipasi," tutupnya.